Kamis, 15 November 2012

Ruang Lingkup Biologi

  • Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi, mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi, biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.
  • Bioma adalah sekelompok hewan dan tumbuhan yang tinggal di suatu lokasi geografis tertentu. 
  • Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. 
  • Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. 
  • Populasi adalah sekelompok mahkluk hidup dengan spesies yang sama, yang hidup di suatu wilayah yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Misalnya semua rusa di Isle Royale membentuk suatu populasi, begitu juga dengan pohon-pohon cemara. 
  • Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem organ adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu. 
  • Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Jaringan pengikat.Sesuai namanya, jaringan pengikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh. Contoh jaringan ini adalah jaringan darah, jaringan saraf (jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan). Jaringan epidermis Adalah jaringan yang melapisi daun dan bagian tumbuhan yang masih muda. 
  • Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Contoh eritrosit (Sel darah merah)sel otot sel xilem.
  • Dalam ilmu kimia, molekul adalah bagian tak terpisahkan yang paling kecil, H2O adalah molekul air; sedangkan (CH2O)6 adalah molekul gula.


0 komentar:

Posting Komentar