Selasa, 16 September 2014

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP BIOLOGI 2014

TEMA : Implementasi Kurikulum 2013 dan KKNI Dalam Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Biologi
Latar Belakang
Penciptaan manusia oleh Tuhan Yang Maha Esa bertujuan untuk menjadikan manusia yang bermanfaat bagi dirinya, bagi sesama dan bagi alam semesta. Pencapaian tujuan ini harus memalui proses yang panjang, salah satu komponen yang sangat berperan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah proses pendidikan. Pendidikan adalah proses yang panjang dalam mencetak peserta didik menjadi manusia seutuhnya dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk kehidupannya. UU Sisdiknas telah memberikan arahan bahwa tujuan pendidikan harus dicapai salah satunya dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi lulusan peserta didik di sekolah maupun diperguruan tinggi harus mencakup tiga kompetensi yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan, sehingga akan dihasilkan manusia seutuhnya dan mampu beradaptasi dalam masa peradapannya.
Perubahan kurikulum untuk sekolah dan perguruan tinggi menjadi kurikulum 2013 dan KKNI merupakan upaya pemerintah untuk menyempurnakan kurikulum yang berbasis kompetensi, sehingga diharapkan lulusan mempunyai kualifikasi sesuai dengan standar yang disepakati secara nasional. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, Biologi mempunyai peran yang besar dalam proses pendidikan maupun penelitian. Implementasi kurikulum 2013 dan KKNI dalam proses pembelajaran Biologi membutuhkan pemikiran yang mendalam, karena Biologi merupakan cabang Ilmu yang mempelajari kehidupan dan komponen yang ada di dalamnya, sehingga diharapkan peserta didik memiliki kompetensi penguasaan pemahaman secara utuh baik sikap, pengetahuan dan ketrampilan tentang kehidupan dan komponen yang ada didalamnya melalui proses pendidikan dan penelitian. Oleh karena itu dibutuhkan interaksi dari kalangan pendidik, pemegang kebijakan, peneliti dalam melakukan diskusi, pertukaran infromasi untuk mengembangkan proses pembelajaran Biologi dan penelitian Biologi sebagai upaya mengimplementasikan kurikulum 2013 dan KKNI.
TUJUAN :
  1. Memberikan informasi dan pemahaman tentang penerapan kurikulum 2013 dan KKNI terkait dengan pengembangan proses pembelajaran Biologi
  2. Memberikan informasi dan pemahaman informasi dan pemahaman tentang penerapan kurikulum 2013 dan KKNI terkait dengan pengembangan penelitian Biologi
  3. Mendiskusikan dan melatihkan pengembangan perangkat pembelajaran biologi di sekolah maupun di perguruan tinggi yang berbasis kurikulum 2013
  4. Mendesiminasikan hasil-hasil penelitian pendidikan biologi, biologi dan ilmu-ilmu hayati lainnya
PENYELENGGARA :
Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya
PESERTA :
  1. Pendidik Biologi/Sains pada tingkatan Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Peneliti Biologi dan peneliti lain terkait ilmu-ilmu hayati.
  3. Mahasiswa Biologi/Sains dan Pendidikan
PEMBICARA :
  1. Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd., Pakar pendidikan dari Unesa.
  2. Prof. Dr. Intan, Peneliti Biologi yang bereputasi nasional maupun internasional, dari ITB.
  3. Dr. Tarzan Purnomo, M.Si., Pakar Ilmu Lingkungan dari Jurusan Biologi FMIPA Unesa
Topik seminar paralel dan poster:
Penelitian pendidikan biologi, penelitian biologi, penelitian ilmu-ilmu hayati yang lain
Materi Workshop :
  1. Perangkat Pembelajaran Biologi
  2. Pembelajaran Inovatif Biologi
  3. Evaluasi pembelajaran Biologi
  4. Pengembangan penelitian Biologi dan pendidikan Biologi berbasis kurikulum 2013 dan KKNI
FASILITAS
Peserta akan mendapat seminar kit (tas, alat tulis, makalah utama dan E-Proceeding bagi pemakalah), snack dan makan siang serta sertifikat.
PENULISAN ABSTRAK & MAKALAH SERTA MEDIA PRESENTASI
Ruang lingkup makalah yaitu penelitian pendidikan biologi, penelitian biologi, penelitian ilmu-ilmu hayati yang lain.
Abstrak
Abstrak memuat Judul ditulis lengkap dengan huruf kapital, di bawah judul ditulis nama lengkap tanpa gelar, nama Universitas/lembaga/institusi, disertai alamat email. Terdiri dari: Tujuan, metode dan Hasil. Dibawah teks abstrak dituliskan Kata kunci. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, Diketik dengan Program MS-Word, huruf Times New Roman 12, jarak 1 spasi, maksimal 200 kata.
Makalah
Makalah terdiri atas: Abstrak; Pengantar; Tujuan; metode; Hasil dan Pembahasan; serta Kesimpulan.Ditulis dalam Bahasa Indonesia.Diketik di kertas A4, batas kanan dan atas 4 cm, batas kiri dan bawah 3 cm, dengan Program MS-Word, huruf Times New Roman 12, jarak 1,5 spasi, maksimal 10 halaman termasuk lampiran. Makalah yang dipresentasikan akan dipublikasikan dalam proseding ber-ISBN. Template Makalah dapat diunduh di http://seminarbiologiunesa.org
Media Presentasi
Makalah dapat disajikan secara langsung atau dengan media Poster. Poster memuat grafik, logo, gambar, dan tabel. ukuran teks dan headling minimal 24 point. Menggunakan ex banner/standing banner standar berukuran 60 x 160 cm. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi contact person dibawah ini:
Dr. Sunu Kuntjoro, M.Si.
Mobile: 081231062065
Email: sunu.kuntjoro@yahoo.com
Erlix R. Purnama, M.Si.
Email: erpurnama@gmail.com
Eva Kristinawati, M.Si.
Mobile: 081259234777
Email: evakristinawati@gmail.com


Lihat Brosur, depan (klik disini) , belakang (klik disini)

1 komentar:

  1. terima kasih atas info nya.!

    Visit : http://www.herbalonlinetop.com/2015/09/obat-tradisional-untuk-sakit-kencing-manis.html

    BalasHapus